ISI TEXTUAL
Isi dari web kompas tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan user. Penyajian informasi sudah jelas dan lengkap dengan berita yang terupdate dari berita nasional hingga internasional dalam berbagi bidang politik, olahraga, bisnis dan keuangan, pengetahuan, dll. Memudahkan user dalam memperoleh informasi yang akurat sesuai dengan keinginan user. Berita-berita yang disajikan oleh web kompas selalu ter-up-date. Hal ini juga dapat dilihat dari terteranya hari,tanggal, bulan, tahun, dan jam pada masing-masing berita yang disajikan.

DESAIN GRAFIS

Tampilan web tersebut sudah cukup menarik sehingga dapat menimbulkan minat para pembaca untuk membuka web tersebut. Prinsip-prinsip desain membantu menentukan bagaimana menggunakan elemen desain. Berikut ini prinsip-prinsip desain grafis :
1.METAFORA
Perancang web ini sudah memberikan konsep yang baik. Sesuai dengan tujuannya yakni untuk memberikan informasi dan berita yang nyata, akurat dan up to date.
2.CLARITY

Semua komponen yang terdapat di dalam web ini sudah cukup jelas bagi user karena menu yang disajikan sudah membuat para pembaca web ini dapat mengerti isi dari berita yang di sampaikan.
3.KONSISTENSI
Dengan tampilan halaman web tersebut, setiap user dapat mengakses menu apapun dengan ukuran dan menu yang tidak berubah/konsisten. Setiap warna dari background selalu sama. Sehingga membuat user tidak bingung men
cari menu pada setiap halaman yang berbeda.
1.Tampilan Web : dibuat dengan simple agar dapat dibaca oleh semua
kalangan.
2.Warna : warna background dari web tersebut sengaja dibuat
standar dengan background warna putih.

3.Citra/gambar : Kompas.com merupakan situs yang menarik karena di dalamnya terdapat gambar-gambar yang tertentu yang kadang-kadang terlihat lucu (misalnya animasi). Gambar-gambar tersebut berukuran kecil sehingga tidak membebani situs (fast-loading) dan relevan. Pada web ini juga banyak terdapat banner/sponsor.
4.Icon : icon pada web kompas ini ditulis dengan nama KO
MPAS.com . Dibuat seperti itu guna untuk memudahkan pembaca untuk mencari web tersebut. Logo dan nama website merupakan identitas utama yang digunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang web yang sedang mereka kunjungi. Logo dan nama website Kompas.com dibuat menjadi satu dan menjadi link ke home (logo dan nama dibuat menggunakan suatu file image).
5.Tipografi : pada web kompas, jenis huruf, ukuran dan warnanya standar. Tetapi pembaca atau user dapat membaca dengan jelas isi dari berita tersebut.
6.Teks : Pembaca berharap untuk memperoleh informasi yang diinginkan apabila berkunjung ke suatu halaman Web.
Di web kompas ini, pengunjung akan dihadapkan pada bahasa yang menarik dan mudah dipahami pada setiap informasi yang disajikan.

4.ALIGNMENT
Penggunaan alignment tidak tersusun dengan rapi. terlihat dari susunan kata yang tidak dirata kanan dan kiri atau justify. Pada web ini hanya rata kiri saja jadi terlihat kurang rapi. Akan tetapi pembaca atau user masih dapat melihat dan mem
baca web tersebut dengan jelas karena isi web tersebut sudah berisikan berita dan informasi yang lengkap dan up to date.

5.PROXIMITY
Jarak antara berita yang satu dengan yang lain saling berdekatan, sudah dikelompokkan sesuai dengan topiknya masing-masing. Sehingga memudahkan user
dalam mencari suatu berita dan memberikan pembaca struktur tampilan yg jelas.

6.KONTRAS
Pada web ini perpaduan warnanya cukup kontras. Hal tersebut memberikan kesan yang menarik guna menambah minat user atau pembaca.

NAVIGASI
Navigasi pada web ini dibuat selengkap mungkin guna memudahkan
user dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Pada web ini navigasinya juga konsisten untuk setiap halaman web. Pada halaman utama, kita sebut index memuat menu-menu pokok yang bersifat umum sehingga pengunjung bisa langsung masuk ke halaman yang dimaksud.

STRUKTUR NAVIGASI
Struktur navigasi menggambarkan bagaimana hyperlink diletakkan dalam bar navigasi, dan judul dari halaman akan menjadi symbol dalam hyperlink. Struktur navigasi yang dipakai pada web ini yaitu struktur navigasi campuran yang merupakan gabungan dari struktur sebelumnya dan disebut juga struktur naviga
si bebas, maksudnya adalah jika suatu tampilan membutuhkan percabangan maka dibuat percabangan.

LINK
Salah satu komponen utama Website ialah koleksi link dengan Web-site lain yang berhubungan. Suatu halaman Web yang bagus ialah halaman Web yang menawarkan link ke halaman Web lain yang merujuk kepada topik yang sama. web kompas memiliki link-link yang merujuk ke halaman web la
in berkenaan dengan topik yang sama dengan yang disajikan. Hal ini menyebabkan pembaca merasa senang karena dapat memilih web yang memiliki topik sesuai yang diinginkan.





















0 komentar:

Posting Komentar

About this blog



My Art.....

Labels

::Followers::

Comment


ShoutMix chat widget

Lencana Facebook