Menurut saya, bahasa itu adalah suatu alat yang di gunakan untuk berkomunikasi antar sesama manusia. Setiap Negara mempunyai bahasa nya masing - masing. Bahkan bukan hanya Negara tetapi setiap suku kadang juga punya bahasa nya sendiri, seperti suku Aborigin dan masih banyak lagi suku - suku yang terdapat di pendalaman Afrika. Di Indonesia sendiri mempunyai bahasa yang banyak di setiap suku nya.

Indonesia adalah sebuah Negara yang mempunyai berbagai macam suku, memiliki banyak pulau dan mempunyai banyak propinsi. Setiap propinsi memiliki bahasa nya masing – masing,seperti di propinsi jawa timur, masih banyak orang di jawa timur yang masih menggunakan bahasa nya bukan bahasa Indonesia. Mereka menggunakan nya sehari – hari sampai ada yang bisa menggunakan bahasa Indonesia. Kadang mereka hanya memakai bahasa Indonesia pada saat ada orang dari propinsi lain.

Bagi orang Indonesia, bahasa Indonesia hanya di gunakan pada saat kita ada di Jakarta. Kadang masih ada orang yang tidak menggunakan bahasa Indonesia melainkan menggunakan bahasa dari tempat kelahirannya. Saat bertemu dengan orang yang satu tepat daerah asal nya atau dengan keluarganya. Walaupun banyak orang yang di Jakarta dan menggunakan bahasa Indonesia, tetapi masih jarang ada orang yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar atau sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Masih banyak yang belum mengenal kata baku, tidak baku dan semi baku. Pada umumnya orang – orang menggunakan bahasa Indonesia bercampur dengan bahasa - bahasa lain. Seperti “gw”, “ emang”, dan lain sebagainya. Kata – kata yang seperti itu dapat merusak bahasa Indonesia. Dan orang – orang merusak tersebut juga orang Indonesia sendiri. Kita seharus nya melestarikan bahasa tersebut bukan mengubah bahasa kita sendiri. Tetapi masih banyak orang – orang yang masih melestarikan bahasa Indonesia. Banyak orang yang melestarikan bahasa Indonesia dengan cara menulis buku, seperti cerpen,novel atau buku – buku sastra Indonesia lainnya. Walaupun pada saat ini di Indonesia masih banyak yang tidak minat membaca. Kebanyakan orang lebih suka menonton daripada membaca, itu disebabkan karena menonton lebih mudah memahami nya daripada membaca buku sastra.

Pada saat ini pula banyak orang – orang asing yang datang ke Indonesia dan hanya beberapa orang yang bisa memakai bahasa Indonesia. Kebanyakan mereka memakai jasa penterjemah untuk berbicara dengan orang Indonesia. Bahkan banyak orang asing yang menetap di Indonesia, dan menjadi investor untuk Indonesia. Dan jarang dari mereka yang bisa menggunakan bahasa Indonesia.

Saat ini banyak perusahaan yang mewajibkan untuk para karyawannya harus bisa berbahasa inggris, minimal pasif. Ini di sebabkan karena banyak pemilik perusahaan tersebut adalah orang asing. Dan menggunakan standart internasional dengan minimal bisa berbahasa inggris. Itu berarti bahasa Indonesia di dunia pekerjaan mulai menurun. Bukan hanya di dunia pekerjaan, tetapi di dunia pendidikan pun juga begitu, saat ini di Ujian Nasional pun tercantum mata pelajaran bahasa inggris. Ini membuktikan bahwa bahasa inggris sudah di sejajarkan dengan bahasa Indonesia yang merupakan bahasa sendiri.

Walaupun begitu tapi itu di lakukan untuk memajukan Negara ini juga. Agar Negara kita juga bisa setara dengan Negara lain, dan Negara kita bisa di akui oleh Negara lain. Dan pada saat ini Negara kita sedang berkembang ke arah sana.

Jadi kesimpulannya, kita juga harus mengetahui tentang bahasa Indonesia. Dari sejarah, fungsi, peranan, dan perkembangan bahasa Indonesia. Dengan begitu kita bisa menggunakan bahasa yang baik dan benar. Walaupun sekarang ini di dunia pekerjaan dan pendidikan bahasa inggris sejajar dengan bahasa Indonesia, tetapi kita tetap bangga menggunakannya. Dan supaya kita tak mau ketinggalan lagi, tingkatkan terus minat baca. Karena dengan membaca dengan kita dapat mengetahui kata – kata yang benar dan salah dalam bahasa Indonesia. Perbanyak membaca buku – buku sastra agar kita bisa mengetahui tentang bahasa yang baik dan benar atau Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Manfaatkan semua fasilitas membaca yang di buat oleh pemerintah. Seperti, di perpustakaan nasional atau dengan membaca di perpustakaan sekolah. Dan sekarang juga bisa menbaca lewat browsing. Dengan browsing kita bisa lebih cepat, dan mudah mendapatkan informasi tentang bahasa Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar

About this blog



My Art.....

Labels

::Followers::

Comment


ShoutMix chat widget

Lencana Facebook